Tugas Akhir


Click this picture to zoom!

Be
hind the screen:

Tugas Akhir ini berawal dari beberapa pilihan yang menurutku rumit;

  • Ada beberapa pihak (bukan 1 atau 2) yang meminta saya untuk membantu perusahaannya agar dibuatkan logo, dibuatkan aplikasi logo, brand book, advertising, spesifikasi dan kombinasi pewarnaan, atau sekedar dibuatkan cap logo nya saja. (semua tau kalo yg kulakukan ini free of charge tentu saja, karena dalam rangka Tugas Akhir - tolong menolong- dan memperbanyak amal, bukan bisnis, iya khan? Dan kerjasama ini akan saling menguntungkan; aku lulus plus dapat ilmu dan pengalaman dengan mudah, serta perusahaan dapat mencoba karyaku (yang kalau tidak dipakai pun tidak akan merugikan perusahaan karena free :) ))
  • Pilihan lain, apakah saya harus mengikuti keinginan saya saja untuk menentukan judul Tugas Akhir / Skripsi?

Dengan berbagai proses dan pertimbangan yang matang, juga setelah bertanya sana-sini, akhirnya kuputuskan saja untuk melakukan Tugas Akhir dengan data yang paling mudah didapat, biar cepet luluuus.. of course! Akhirnya pilihan tertuju pada TK Sandhy Putra yang telah memintaku untuk membuatkan logo serta lainnya.

Di Fakultas kami (Desain), untuk final report S1, kami boleh memilih apakah mau membuat Tugas Akhir atau mau Skripsi, semua tergantung minat dan kesanggupan mahasiswanya.
Skripsi, isinya pembahasan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan desain, bisa juga membahas karya para desainer terkemuka.
Namun, jika seorang mahasiswa memilih Tugas Akhir, maka ia wajib membuat karya desain originalnya sendiri. Kemudian, karya-karyanya dipampang, dipresentasikan, serta didemonstrasikan, dipasang beserta aplikasi-aplikasinya pada berbagai media minimal berupa dummies.

Sidang Tugas Akhir dilaksanakan beberapa kali, sidang pertama adalah memaparkan konsep dan berbagai analisa serta rencana perancangan/desain juga medianya. Sidang ke dua berbentuk sejenis exhibition - pameran, tiap mahasiswa diberi ruang/stand karya yang dibatasi panel-panel terbuka yang dipenuhi oleh karyanya masing-masing, yang kemudian sekelompok dosen berkunjung ke tiap stand mahasiswa, bertanya dan mengkritik berbagai hal yang tidak sesuai. Sidang ke 3, tiap mahasiswa menyiapkan peralatannya, mempresentasikan final work nya, mulai dari konsep, hingga memperlihatkan karya-karya fisik yang telah dibuatnya, umumnya 1 ruangan kelas dipenuhi oleh karya 1 orang mahasiswa. Selama sidang itu, karya-karyanya dipampang dan didemonstrasikan, berbagai dummies di pasang sesuai konsep dan selera, setelah itu dibereskan kembali. Kemudian.. giliran eksekusi mahasiswa berikutnya...





























---------- Berikut penggalan kutipan "Final Report" saya.
Dan terimakasih banyak kepada semua pihak
. -------------------------------------------------



KATA PENGANTAR (Tugas Akhir)

Sekian pembelajaran berharga telah dilewati, semakin banyaklah pertanyaan yang harus diungkap jawabannya dengan terus mencari ilmu pengetahuan yang tiada batasnya. Pembelajaran haruslah terus berlangsung, pembelajaran tidak hanya sampai di sini.
Tugas Akhir yang berjudul “ PERANCANGAN LOGO TAMAN KANAK-KANAK SANDHY PUTRA TELKOM BANDUNG ” ini, secara personal melewati proses yang amat rumit. Tidak seperti Tugas Akhir perancangan logo pada umumnya, pada kesempatan ini penulis lebih menitikberatkan pada proses belajar, proses eksplorasi dan tinjauan terhadap dunia realitas, sehingga penulis benar-benar berusaha melewati proses penjajakkan di dunia real melalui riset khusus baik itu dengan upaya wawancara, quesioner, polling, dan kerja praktek langsung untuk menyelami berbagai soft aspect maupun behaviour perusahaan yang dimaksud ( ide ini diambil dari buku Transformasi oleh Hermawan Kartajaya, yang mana sebuah tim dengan sebutan strategic integrator terjun langsung ke lapangan BNI untuk mengidentifikasi segala aspek yang ada di perusahan tersebut yang ujung-ujungnya adalah menciptakan sebuah logo yang merupakan bagian kecil dari proses trasformasi tersebut). Riset ini dikompare dengan berbagai studi literatur, juga diskusi dan bimbingan oleh para dosen desain yang kompeten.
Secara personal yang paling berharga dari proses ini terletak pada proses pengidentifikasian masalah yang sesungguhnya dan proses pencarian solusi yang tepat berhubungan dengan bidang Desain Komunikasi Visual. Dimana hal ini tentu akan banyak memuat hal-hal personal dari berbagai proses kreatif namun tetap berusaha memperhatikan masyarakat luas karena ia diperuntukan bagi masyarakat umum / khalayak, sehingga aspek luar dan dalam, hal-hal yang bersifat fisik maupun yang bukan fisik harus bisa terintegrasi dengan baik. Keputusan desain merupakan optimasi terbaik yang dilihat dari berbagai aspek, baik itu dari sudut sosial, budaya, lingkungan masyarakat, keinginan user, klien, konsumen atau customer, legislator, dan dari berbagai sudut ilmu pengetahuan berbagai disiplin ilmu (psikologi, seni dan desain, ilmu eksak maupun ilmu sosial juga bahasa).
Tentu saja penulis menyadari sepenuhnya bahwa apa yang sudah dilakukan ini jauh dari sempurna, dan juga jauh dari harapan penulis sendiri. Masih banyak hal yang belum dapat dilakukan sebagaimana pekerjaan real di lapangan, sebagaimana konsultan brand melakukan hal terbaik bagi klient-nya. Sungguh yang penulis lakukan jauh dari itu, namun penulis bersyukur karena dari proses ini penulis mendapatkan banyak pengarahan yang amat berharga terutama mengenai konsep brand, identitas, dan aplikasinya di lapangan, logo hanya bagian kecil dari pekerjaan besar tersebut, namun ia lahir dari konsep yang besar dan akar yang kokoh. Dengan demikian penulis amat tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai dunia brand, identitas dalam dunia realitas.



Bandung, Agustus


Penulis




UCAPAN TERIMA KASIH


Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada :

1. Mamah dan Papap tersayang yang tiada henti-hentinya memberikan sokongan, pengorbanan jiwa dan raga (fisik dan mental), dan doa pada setiap langkah yang saya lakukan.
2. Teh Riesa, kakakku tersayang yang cerewet, yang selalu memberikan dorongan, dukungan baik materil maupun moril agar kuliah saya cepat usai dengan hasil terbaik.

4. Bapak Suprapto terkasih yang selalu tulus ikhlas membimbing tiada henti, tiada pamrih, memberikan dukungan untuk setiap bentuk kebaikan.
5. Bapak Zamzam AJT yang tulus ikhlas mendoakan dan memberi dukungan untuk setiap kebaikan yang dilakukan.
6. Pembimbing I, Bapak Cherry Dharmawan yang sungguh baik hati, senantiasa mencurahkan perhatiannya untuk membimbing, memberikan ide berharga, yang sabar membimbing hingga rampung Tugas Akhir yang berat ini.
7. Pembimbing II, Bapak Egi Anwari yang smart, yang senantiasa berlapang dada untuk meluangkan waktunya, membimbing, memberikan dukungan pembelajaran, dan membagi ilmu berharganya.
8. Bapak Fahmi Ilmansyah, dosen desain yang cerdas, yang berhasil membuka mata untuk melihat desain dalam dunia realitas dan memberikan kesadaran berharga akan pencarian identitas diri dalam dunia branding.
9. Ibu Ambarsih Ekawardhani, selaku Ketua Jurusan dan Koordinator Tugas Akhir / Skripsi yang selalu berharap agar anak-anaknya menjadi lebih baik dan menjadi semakin cerdas.
10. Bapak Hari Lubis, selaku Dekan Fakultas Desain, yang selalu semangat mendukung anak-anaknya untuk terus maju dalam ilmu pengetahuan.
11. Bapak Beni Sasmito, selaku Dosen Wali yang baik, selalu peduli dengan keadaan mahasiswa dan perkembangannya.
12. Seluruh Dosen Desain, baik yang telah disebutkan di atas atau belum, yang selalu memberikan pengarahan, bimbingan, dan ilmu yang bermanfaat yang sungguh tak ternilai harganya. Juga untuk Bu Widya, para pengurus TK Sandhy Putra dan Yayasan Shandhykara Putra TELKOM yang telah memercayakan data-datanya untuk saya olah menjadi karya Tugas Akhir.
13. Sobat seperjuangan yang senantiasa memberikan dukungan, semangat, dan informasi berharga, Haris, Iwan, Wahyu, Aduy, Diki n the gank, Oik, Dani, dll. Sapaan, iseng, keanehan, kegilaan, dan humor kalian membuat pekerjaan Tugas Akhir ini tidak seberat seperti yang sesungguhnya.
14. Pitri, Hani, Budi, dan seluruh kru dadakan yang tak kan saya lupakan kebaikannya, yang baik hati dengan spontan membantu menyiapkan dan membereskan peralatan sidang saya.
15. Sobat-sobat kampus, baik yang saya ingat namanya atau yang saya ingat wajahnya saja, kehadiran dan pertemuan kita benar-benar berarti buat saya.
16. Mbak-mbak admin; Mbak Ani dan Mbak Arlen yang selalu sibuk membantu saya dalam urusan surat-menyurat, administrasi, tandatangan, nilai, dll.
17. Kang Agus yang selalu rajin membersihkan ruangan belajar saya.
18. Seluruh manusia yang senantiasa mendukung berlangsungnya kebaikan di bumi ini.

Alhamdulillahirabbil’alamin, Semoga Allah Ta’ala melimpahkan keberkahan dan balasan yang sempurna untuk setiap kebaikan yang telah dilakukan, terimakasih yang sebesar-besarnya.



DAFTAR ISI


Lembar Pengesahan
Kata Pengantar…………………………………………........................ i
Ucapan Terimakasih....................................................................... iii
Daftar Isi…………………………………………………………………. v
Daftar Bagan ………………………………………………….............. ix
Daftar Gambar …………………………………………………………. x


BAB I. PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah…………………………………………..
1.1.1. Realitas Dunia Pendidikan di Indonesia…………………
1.1.2. Realitas Pendidikan Prasekolah di Indonesia…………..
1.1.3. Permasalahan Transformasi Identitas TK Sandhy Putra TELKOM Bandung…………………………………………
1.2. Identifikasi Masalah………………………………………………
1.2.1. Permasalahan Visual Brand……………………………...
1.3. Fokus Permasalahan……………………………………………..
1.4. Tujuan Perancangan……………………………………………...

BAB II
TINJAUAN IDENTITAS TK SANDHY PUTRA TELKOM BANDUNG
2.1. Sejarah TK Sandhy Putra TELKOM Bandung………............
2.2. Profil TK Sandhy Putra Bandung….…………………..............
2.2.1. Tujuan…………………………………........................
2.2.2. Misi Yayasan Sandhykara Putra TELKOM…...........
2.2.3. Identitas Sekolah………………………………...........
2.2.4. Kurikulum Hingga Tahun Ajaran 2001 /2002............
2.2.5. Struktur Organisasi…………………………..............
2.3. Konsep Pembaharuan Manajemen, Landasan Nilai, dan Cita-Cita……………………………………………….......................
2.4. Kurikulum Berbasis Multiple Intelligence…………….............
2.4.1. Pengertian Multiple Intelligence………………............
2.4.2. Gardner Mengidentifikasi Delapan Tipe Kecerdasan
2.4.3. Penjelasan Mengenai Hubungan antara Pola Integralitas dengan Multiple Intelligence…………………..............
2.4.4. Pengertian Pendidikan Dasar Berbasis Integralitas melalui Metode Multiple Intelligence.......................................
2.5. Pengertian Branding Sebagai Sebuah Proses Identifikasi Identitas…..……………………………...................................
2.6. Permasalahan TK Sandhy Putra TELKOM Bandung...........
2.6.1. Pokok Permasalahan TK Sandhy Putra……….........
2.6.2. Solusi…………………………………..........................
2.7. Redefinisi Visi dan Identifikasi Korporasi dalam Konsep Baru TK Sandhy Putra TELKOM Bandung……………………............

BAB III STRATEGI PERANCANGAN DAN KONSEP VISUAL
3.1. Strategi Komunikasi…………………………………................
3.1.1. Tujuan Komunikasi………………………………..........
3.1.2. Target Market……………………................................
3.1.3. Tema Dasar Komunikasi…………………………........
3.1.4. Pesan Utama / Materi Pesan……………………….....
3.1.5. Visi (Goal)………………………………………………..
3.1.6. Langkah-Langkah yang Ditempuh (Misi)……………..
3.1.7. Positioning………………………………………………..
3.1.8. Core Values………………………………………..........
3.1.9. Unic Selling Preposition………………………………...
3.2. Proses Desain…………………………………………………....
3.3. Strategi Kreatif……………………………………………….......
3.3.1. Pendekatan Kreatif………………………………..........
3.3.2. Tone and Manner (Kesan dan Gaya)………..............
3.4. Strategi Media……………………………………………..........
3.5. Konsep Visual……………………………………………….......
3.5.1. Eksplorasi Tagline Berdasarkan Nilai-Nilai Perusahaan, Positioning, dan Goal Perusahaan………………….....
3.5.2. Eksplorasi Visualisasi Logo Berdasarkan Nilai-Nilai Perusahaan dan Positioning……………………….......
3..5.2.1. Eksplorasi Visualisasi Logo ………………....
3.5.2.2. Asosiasi Visi, Positioning, Diferensiasi, dan Values……………………………………….....
3.5.3. Strategi Perancangan Visual…………………….........
3.5.3.1. Follow Up Objek Logo Terpilih…………….....
3.5.3.2. Pendekatan Karakter Visual TK Sandhy
Putra……………………………………...….....
3.5.3.2.1. Studi Karakter dari Visi, Misi,
Positioning……………………........
3.5.3.2.2. Studi Karakter Warna yang Familiar
bagi TK Sandhy Putra………….....
3.5.3.2.3. Studi Karakter Visual Kompetitor
3.5.3.3. Pendekatan Karakter Visual Anak…….........
3.5.3.3.1. Studi Karakter Mainan Anak (toys)
3.5.3.4. Eksplorasi Visual I……………………............
3.5.3.5. Evaluasi………………………………..............
3.5.3.5.1. Recheck Akar Permasalahan, Verifikasi
Data, dan Integritas Konsep Visual.
3.5.3.6. Eksplorasi Visual II dan Eksekusi Logo…....
3.5.3.7. Eksplorasi Tipografi ………………………....
3.5.4. Logo dan Spesifikasi……………………………….......
3.5.4.1. Logo Type………………………………........
3.5.4.2. Logo Gram………………………………......
3.5.4.3.Filosofi Logo (Logo’s Philosophy)……….....
3.5.4.4. Format Desain…………………………........
3.5.4.5. Huruf Identitas (Corporate Font)……….......
3.5.4.6. Warna Identitas (CorporateColors)………...
3.5.4.7. Ilustrasi sebagai Corporate Illustration…....
3.5.4.8. Positioning Logo dalam Media………….....


BAB IV TEKNIS PRODUKSI MEDIA
4.1. Aplikasi Pada Media Stationary.............................................
4.2. Aplikasi Pada Media Promosi……………………………......
4.3. Aplikasi pada Media Gimmick dan Property Sekolah..........
4.4. Merchandise..........................……………………………......
DAFTAR PUSTAKA……………………………………………...... xiii
LAMPIRAN.................................................................................. xviii




DAFTAR BAGAN

Bagan 1.1.A. Data hasil penelitian Fak. Kesehatan Masyarakat UI & UNICEF (2002)…………………………………………………..
Bagan 1.1.B. Data hasil penelitian FKM UI & UNICEF (2002)……..
Bagan 1.2. Alur transformasi dan relevansinya dengan kehadiran logo di perusahaan…………………………………………………….
Bagan 2.1. Struktur Organisasi secara umum………………………..
Bagan 2.2. Posisi Logo dalam Brand………………………………….
Bagan 3.1. Strategi Komunikasi………………………………………
Bagan 3.2. Positioning………………………………………………….
Bagan 3.3. Skema Proses Riset dan Perancangan………………….
Bagan 3.4. Proses Desain………………………………………………
Bagan 3.5. Skema Eksplorasi Objek Logo……………………………
Bagan 3.6. Alur Eksplorasi Visualisasi Logo…………………………
Bagan 3.7. Peta Asosiasi Visual……………………………………….
Bagan 3.8.Skema A, Hasil Polling dan Studi Fokus
Objek Logo......................................................................
Bagan 3.9.Skema B, Hasil Polling dan Studi Fokus
Objek Logo……...............................................................
Bagan 3.10. Pelangi Sebagai Fokus Objek Logo……………………
Bagan 3.11. Nilai Karakter Visual Anak pada Logo Pendidikan Prasekolah………………………………………....................



DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1. Logo Perusahaan………………………………………..
Gambar 2.2. Hubungan Integralitas dan Pola Pengajaran Berbasis Multiple Intelligence………………………………………......
Gambar 3.1. Ilustrasi Perahu Brand…………………………………..
Gambar 3.2. Peristiwa Munculnya Pelangi……………………………
Gambar 3.3. Ilustrasi I, Penguraian Cahaya putih……………………
Gambar 3.4. Penguraian & Identifikasi Area Kecerdasan sesuai Konsep Multiple Intelligence…………………………………………..
Gambar 3.5. Ilustrasi II, Penguraian Cahaya Putih…………………...
Gambar 3.6. Sketsa Akhir Desain Warna Gedung………………….
Gambar 3.7. Foto Warna Bangunan Out Door – Siang Hari (23 Juni 2007)……………………………………………………………
Gambar 3.8. Sketsa Warna Gedung Bangunan TK
(23 Juni 2007)…..........................................................
Gambar 3.9. Solusi Warna Alternatif I ………………………………..
Gambar 3.10. Solusi Warna Alternatif II……………………………….
Gambar 3.11. A. Contoh Logo-Logo Pendidikan Prasekolah di Bandung…………………………………………………………
Gambar 3.11.B. Contoh Logo-Logo Pendidikan Prasekolah di Bandung…………………………………………………………
Gambar 3.11.C. Contoh Logo-Logo Pendidikan Prasekolah di Bandung…………………………………………………………

Gambar 3.12. Logo-Logo sebagai Keluarga Besar TELKOM dan mitra Sandhy Putra…………………………………………………
Gambar 3.13. Contoh - Contoh Logo Inspiratif……………………….
Gambar 3.14. Inspirasi I Bentuk Logo…………………………………
Gambar 3.15. Karakter Mainan Anak …………………………………
Gambar 3.16. Karakter Warna dan Bentuk…………………………..
Gambar 3.17. Karakter Garis dan Bentuk Visual Anak…………….
Gambar 3.18. Karakter Warna Visual Anak-Anak…………………..
Gambar 3.19. Eksplorasi Visual I ……………………………………..
Gambar 3.20. Proses Eksekusi Visual I ………………………………
Gambar 3.21. Eksplorasi Warna logo I ……………………………….
Gambar 3.22. Proses Evaluasi…………………………………………
Gambar 3.23. Sketsa Eksplorasi Pelangi …………………………….
Gambar 3.24. Sketsa Eksplorasi Garis ……………………………….
Gambar 3.25. Sketsa Eksplorasi Bentuk ……………………………..
Gambar 3.26. Alur Pembentukan Logo Melalui Eksplorasi Sebuah Subjek…………………………………………………………
Gambar 3.27. Proses Eksekusi Visual II ……………………………..
Gambar 3.28. A. Format Desain Logo ………………………………..
Gambar 3.28.B. Format Desain Logo ………………………………..
Gambar 3.29. Grid System……………………………………………..
Gambar 3.30. Scale Factor…………………………………………….
Gambar 3.31. A. Font (Corporate Font)………………………………
Gambar 3.31. B. Font (Corporate Font)…………… …………………
Gambar 3.32. Skema Warna Identitas (Corporate Colors)…………
Gambar 3.33.A. Ilustrasi ( Proses eksplorasi bentuk logo menjadi Corporate Illustration ) ………………………………………. 96
Gambar 3.33.B. Ilustrasi ( Corporate Illustration ) …………………..
Gambar 3.33.C. Ilustrasi Dekoratif (Tumbuh Cerdas Alami)………..
Gambar 3.34. Positioning Logo dalam Media………………………..



DAFTAR PUSTAKA


Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Revisi VI). Jakarta : Rineka Cipta.

Darmaprawira, Sulasmi. (2002). Warna. Bandung : Penerbit ITB

Darmaprawira, Sulasmi. (1989). Warna Sebagai Salah Satu Unsur seni & Desain. Jakarta: DEPDIKBUD

DEPDIKNAS. (2007). Kurikulum Pendidikan Taman Kanak-Kanak dan Pedoman Penyusunan Silabus. Jakarta : Cipta jaya

Kartajaya, Hermawan. (2004). Hermawan Kartajaya on Branding. Bandung : Mizan

Kartajaya, Hermawan. (2004). Positioning Diferensiasi Brand. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Kartajaya, Hermawan. (2006). Transform. Jakarta : MarkPlus&Co

Kim, W Chan. (2006). Blue Ocean Strategy. Jakarta : Serambi

Krause, Jim. (2002). Color index : over 1,000 color combinations, CMYK and RGB formulas, for print and Web media. Ohio 45236 : Published by HOW Design Books

McNally, David. Speak, Karl D. (2004). Be Your Own Brand. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Murphy John, Rowe. (1998). How to Design Trademarks and Logos. Ohio : North Light Book.


Nicolino, Patricia F. (2005). Brand Management. Jakarta : Prenada Media

Sobur, Alex. (2006). Semiotika Komunikasi. Bandung : Rosda.

Sumarna. Cecep. (2006). Filsafat Ilmu : Dari Hakikat Menuju Nilai. Bandung : Pustaka Bani Quraisy.

Suriasumantri, J. S. (1990). Filsafat Ilmu : Sebuah Pengantar Populer. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan

Thabrani, Primadi. (2000). Proses Kreasi, Apresiasi, Belajar. Bandung : Penerbit ITB

Thames. Hunson. (2006). Understanding Colour at Home. NewYork : B&Q

Tjipto, Fandy. (2005). Brand Management & Strategy. Yogyakarta : Andi

Wong, Wucius. (1986) Beberapa Azas Menggambar Dwi Matra. Bandung : Penerbit ITB

Buku Induk TK Sandhy Putra Bandung (2006).

Jurnal : Frida. Rahmah, Yeni. & Tim Psikologi. (2006). Taman Kanak-kanak Berbasis Multiple Intelligence. Jurnal Psikologi – Lembaga Pendidikan E-Ducare Nusantara.

Hartanto, Djoko. (2004). Arsitektur Branding : Strategi Penyusunan Brand. Hal. 25 – 27. Majalah Desain Grafis : Concept.

Lubis, Hari. Makalah Akademik : Pedoman Penyusunan dan Penulisan. (2005). Bandung : Fak. Desain UNIKOM.

Makki, Sakti. (2004). Why Brand and Branding ? . Hal.52 – 54. Majalah Desain Grafis : Concept.

Mulyono, Ambar. (2006). Diktat Kuliah Teori Warna. Bandung : Fak. Desain UNIKOM

Baby Neptune. CD ROOM. The Baby Einstein Company.

Brainy Baby : Shape and Colors : Pelangi & Lingkaran & Persegi. CD ROOM (2006). Jakarta : PT Intermedia Prima Vision.

Dora The Explorer : Wish On A Star. CD ROOM. (2005) Jakarta : PT Intermedia Prima Vision.

Seminar : Makki, Sakti. Farid, Rudi. Darman, Dandy. Grafixibition’07 “Branding Strategy Through Valuable Design Aesthetics” Bandung : CCF, Mei 2007

Workshop : Advertising Process by Dwi Sapta Group. Jakarta, 2007.

Wawancara : Dewan Pengurus Yayasan Sandhykara Putra TELKOM. Ny. Suryati Widya Supadma (Koorik TK), Ny. Sophia (Kepala Pelaksana Harian).

Wawancara & polling : Dewan Pengurus Yayasan, Dewan Pengurus Pendidikan TK Sandhy Putra, Calon Pengajar TK Sandhy Putra, Tim Psikologi Taman Kanak-Kanak.

Wawancara & polling : Masyarakat umum ( Ibu-ibu dan para remaja).

Diskusi dan Bimbingan : Pembimbing I : Cherry Dharmawan, M.Sn

Diskusi dan Bimbingan : Pembimbing II : Egi Anwari, S,Sn.

Diskusi dan Bimbingan : Dosen DKV : Fahmi Ilmansyah, S.Sn.

Catatan Perkuliahan Metodologi Desain : Rully Dharmawan, M.Sn

Catatan Perkuliahan Teori Dasar Seni Rupa : Beni Sasmito, S.Sn.

Catatan Perkuliahan Estetika : Asep Kadarisman, M.Sn. &
Ambarsih Ekawardhani, M.Sn.

www.komvis.com

www.logoresource.com

www. lafayettepreschool.com

www. rainbowkids.com

About Rainbow. htm

Ask for Kids. htm

Baby world – product test.htm

Bebies-color-baby world-your baby.htm

Febridian.net

Hannover Expo.htm

Kindergarten.htm

Logo Library and Usage Manual for Dubuque Community School. htm.

Meaning of A Rainbow – Words of Wisdom.htm

Pelangi / Quantum Catastrophes.htm

Pelangi / Religous Myth.htm

Pelangi / Spektrum Optik – Wikipedia.htm

Pelangi / Warna – Wikipedia,htm

Raindrops Umbrellas Other Kids Rainwear Index Page.htm

Wildlife.htm

posted under |

No comments:

Newer Post Older Post Home